Friday, October 5, 2012

Ayam Kretek

Pertama kali denger ayam kretek dari temen, Tata namanya, lengkapnya Intan Tri Kusuma. Setahun yang lalu ketemu ama dia di Batam, tepatnya waktu jalan bareng ama papa mamanya, mereka bilang salah satu menu saat Idul Fitri adalah Ayam Kretek. Wah terus terang baru denger nih ayam kretek. Janji untuk masak Ayam Kretek baru terlaksana September 2012 kemarin, Tata udah nyiapin bahan-bahan untuk ayam kretek. Oooh...ternyata bagian ayam yang dipakai adalah Ceker, hmmm.....pasti enak. Selain ceker yang sudah direbus terlebih dahulu, untuk bumbu lembut tumisnya ada bawang putih, bawang mereah dan cabe....simple ya. Setelah bumbu ditumis matang, ceker yang udah direbus dimasukin, tambahkan sedikit kecap....jadi deh. Walaaa.....this is it Ayam Kretek ala Chef Tata...

Rasanya ? ......mmm, nggak nyangka, padahal bumbunya sederhana tapi enak banget (atau siapa dulu Chefnya ya..hehehe). Tekstur cekernya lembut, pedes menantang. Oiya. ayam Kretek ini dimakan dengan roti prata sangaaattt...passs. Dan lengkap loh ternyata Chef Tata ini, dia langsung ngeluarin roti pratanya ;-).

Nah...ini Chef Tata, makasih yaaa...
Ternyata setelah nanya ke mbah Google, Ayam Kretek ini makanan dari timur tengah, dan kenapa dinamakan Kretek ?, ternyata sebenernya nih ayam bisa dibakar juga, karna bunyinya kretek-kretek....hehehe simple banget ya. Dan kesampaian juga makan Ayam Kretek :-)


No comments:

Post a Comment